Atasi Nyeri Haid Dengan Olahraga. Bagi Perempuan masa pra haid 3 – 2 hari  menjelang haid biasanya selalu diawali dengan nyeri, dari nyeri sedang sampai benar-benar nyeri dan mengganggu aktivitas . Tak jarang juga pada saat hari pertama haid dating. Oleh Karena itu di perkantoran juga ada yang namanya cuti haid.  Selain nyeri, yang biasa datang bersamaan pada saat haid adalah mudah marah, sensitive, rasa malas, dan cenderung mengalami keram.

Nah, ada tips bagaimana mengatasi masalah-masalah seperti tersebut diatas dengan kita melakukan Olahraga . Mengapa solusinya dengan olahraga? Karena dengan olahraga dapat membantu mengatasi kembung, melancarkan sirkulasi darah,. Dengan melakukan gerakan fisik yang sedang akan membantu meringankan nyeri haid. Asal bukan olahraga  berat  dan melelahkan seperti ankat beban.

Berikut ini adalah  olahraga yang disarankan pada saat  sedang menstruasi :

  1. Yoga

Yoga termasuk olahraga yang sangat cocok untuk dilakukan pada saat kita sedang haid.  Karena dapat meredam rasa nyeri. Lakukan gerakan yang berfokus pada peregangan perut dan abnomen. Latihan pernafasan pada saat Yoga juga membantu sirkulasi darah.

  1. Aerobik

Dengan melakukan gerakan aerobic yang enerjik dan bersenang-senang dapat mengeluarkan keringat dan tentu merasa senang karena lebih segar dan berenergi.

  1. Berenang

Melakukan gerakan berenang dengan santai dan lambat merupakan olahraga yang tepat pada saat menstruasi. Asal hindasi melakukan gerakan yang agresif dan jarak yang jauh. Nah, gaya berenang yang paling tepat untuk ini adalah gaya punggung, karena akan meningkatkan aliran darah dan energy.

  1. Lari santai

Olahraga Lari santai bisa dilakukan pada saat menstruasi. Namun jangan terlalu memaksakan diri hingga menimbulkan kelelahan, untuk yang sudah biasa melakukan olahraga lari, tentu  lebih cocok dan bagus.

  1. Jalan cepat

Olahraga ini disarankan untuk mengurangi serangan haid. Latihan kardio dalam intensitas dan kecepatan rendah. Berlarilah dengan santai sambil mengelilingi rumah selama 30 menit , maka akan membantu membentuk otot dan meningkatkan detak jantung.

  1. Plank

Berbaring menelungkup di lantai dengan posisi lurus, lalu lipatkan tangan dan siku dibawah dada. Angkat tubuh perlahan dengan menggunakan lengan bawah dan jempol kaki . Tahan sikap ini beberapa lama dan ulangi gerakan.

  1. Menari

Memang bukan merupakan gerakan olahraga, namun gerakan menari dapat membantu membakar lemak sekaligus mengurangi rasa nyeri.

 

 

Shares
error: Content is protected !!
Open chat
Butuh informasi ?
Hallo
Ada yang bisa saya bantu tentang
Atasi Nyeri Haid Dengan Olahraga ?